Kamis, 20 Juni 2019

6 Cara Mengurangi Lingkaran dan Kantong Mata Yang Hitam

Hasil gambar untuk 6 Cara Mengurangi Lingkaran dan Kantung Mata Yang Hitam

Saat bercermin dan mendapati ada kantong mata, banyak yang merasa insecure. Lingkaran hitam yang sering disebut dengan mata panda bisa jadi salah satu penurun rasa percaya diri. Terlebih lagi bagi wanita.

Faktor penyebabnya cukup beragam. Biasanya karena faktor usia dan pola tidur yang nggak teratur. Selain itu, stres juga dapat mempengaruhi dan membuat kantung mata menjadi semakin gelap. Kantung mata ini juga disebabkan oleh hiperpigmentasi yang dipicu karena keseringan menggosok mata, terpapar sinar matahari dan faktor genetik.

Kabar baiknya, kantong mata ini nggak berkaitan dengan mengidap penyakit parah. Bikin wajah kurang fresh, tapi semua bisa diatasi jika kamu mengikuti tips di bawah ini, guys.

1. Kurangi olahan makanan dan minuman yang mengandung kafein

Olahan yang mengandung kafein bisa membuatmu terjaga lebih lama. Ini mempengarungi dan akan mengurangi jam tidurmu di malam hari. Semakin banyak kafein yang dikonsumsi, akan semakin jelas dan menghitam kanting matamu. Salah satu solusinya adalah dengan mengurangi dan menghentikan konsumsi kafein yang berlebihan.

2. Jaga asupan cairan dalam tubuh agar tidak dehidrasi

Dehidrasi memberi dampak kepada kantong mata yang disebut dengan retensi cairan. Artinya, area matamu akan mengalami pembengkakkan. Hal ini bisa disebabkan karena nggak seimbangnya cairan dalam tubuh. Agar terhindar dari hal tersebut, jaga asupan cairan dalam tubuh dengan mengonsumsi air yang cukup per harinya.

3. Usahakan tidur cukup antara 7-9 jam sehari

Kurangnya jam tidur tidak hanya membuat matamu jadi bengkak dan lingkaran mata lebih hitam. Akibat proses dalam tubuh yang kurang sempurna, kamu bisa jadi lesu dan terlihat lebih tua dari usia yang sebenarnya. Jika ingin mata panda memudar dan benar-benar hilang, kamu perlu mengubah kebiasaan untuk tidur cepat lagi. Paling tidak, kamu harus beristirahat selama 7-9 jam per harinya.

4. Perbanyak makan sayuran hijau dan buah-buahan

Sayur dan buah-buahan memang nggak diragukan lagi khasiatnya. Untuk kasus kantong mata, makanan yang kamu disarankan untuk mengonsumsi yang kaya akan kandungan kalium. Bisa dari sayuran hijau segar dan pisang. Kandungan ini bisa mengatur cairan tubuh dan mencegah munculnya kantong di sekitaran mata.

5. Memanfaatkan khasiat mentimun untuk masker mata

Mentimun dari dulu memang sudah dipakai untuk masker wajah. Sayuran segar ini bisa membantu menghilangkan lingkar hitam mata. Dengan kandungan chamomile yang tinggi, selain bisa menghilangkan mata panda, kamu juga akan mendapatkan bonus kulit yang halus dan kencang ketika memanfaatkannya sebagai masker.

6. Kompres mata dengan air dingin secara rutin

Mengompres mata dengan es batu secara teratur, ternyata bisa menghilangkan mata panda. Dengan mengompres mata dengan air dingin, otot di area mata akan jadi lebih adem dan rileks. Perlahan, kantong hitam ini akan pergi!

Memang, kantong dan lingkar hitam di area mata kehadirannya bikin sebal. Selain mengurangi rasa percaya diri, kantong ini bisa menunjukan apakah kamu tipe orang yang peduli dengan kesehatan tubuh atai tidak. Semoga tips di atas ampuh mengusir kantong mata yang selama ini bikin kamu insecure, ya.
Share: