Sabtu, 21 September 2019

7 Deretan Peraturan Aneh Pemerintah di Dunia

Hasil gambar untuk 7 Deretan Peraturan Aneh Pemerintah di Dunia

Keanehan di dunia tidak hanya muncul karena keadaan alam tetapi juga ada karena memang dibuat. Seperti peraturan-peraturan aneh yang diterapkan oleh suatu pemerintah bagi masyarakat di negara tersebut, tentunya juga harus ditaati.

Peraturan yang disebut aneh ini muncul karena beberapa faktor, seperti salah satunya adalah perbedaan budaya dan adat yang mebuat orang awam dari luar daerah tersebut kaget. Karena pada dasarnya, hal yang wajar di suatu daerah belum tentu dianggap lumrah di daerah lain.

1. Larangan Makan Saus Tomat

Pemerintah Perancis menetapkan larangan mengonsumsi saus tomat tak lepas dari upaya untuk menjaga kelangsungan budaya. Pada Oktober 2011, pemerintah Perancis juga telah menetapkan aturan ini agar diberlakukan diseluruh sekolah di negara tersebut.

Selain menjaga kelangsungan budaya, saus tomat juga disebut sebagai ancaman budaya yang berbahaya dari Amerika Serikat terhadap kuliner negara tersebut. Dengan diberlakukannya aturan ini, penduduk Perancis diharapkan semakin akrab dengan kuliner dalam negeri.

Hal itu juga mampu menjadi faktor pendorong semua masyarakat mewariskan kebiasaan itu dari generasi ke generasi. Menurut kabar yang beredar lainnya, selain untuk menjaga kelestarian budaya, larangan ini juga sebagai bentuk pencegahan obesitas pada anak.

Saus tomat diizinkan dikonsumsi bersamaan dengan mengonsumsi keripik kentang dan hanya sekali dalam seminggu. Larangan ini juga telah diterapkan di Inggris pada 2008 silam, kandungan gula dan garam yang sangat tinggi pada saus tomat pemicu utama obesitas.

2. Larangan Menyiram Toilet

Swiss terkenal akan negara produsen cokelat dengan cita rasa yang khas, tetapi terdapat peraturan aneh dan cukup menggelikan yang ditetapkan oleh pemerintah negara tersebut. Peraturan aneh ini wajib dan harus dipatuhi bagi tamu yang berkunjung ke rumah seseorang.

Mulai pukul 10 malam waktu setempat, semua orang yang telah buang air di toilet dilarang untuk menyiram dengan air. Alasan yang digunakan untuk mendasari peraturan tersebut juga termasuk unik, yakni kegiatan menyiram toilet dianggap mengganggu ketengan warga sekitar.

Aktivitas menyiram toilet pada jam yang tersebut dianggap sebagai salah satu bentuk polusi udara. Selain karena menganggu lingkungan sekitar, mulai pukul 10 malam waktu setempat para masyarakat Swiss sudah mulai beristirahat.

Menariknya lagi, peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah Swiss ini sudah masuk ke dalam undang-undang yang berlaku di negara tersebut. Larangan ini tidak hanya berlaku bagi mereka yang berkunjung ke rumah teman atau saudara, tetapi juga di tempat-tempat umum.

3. Dilarang Gendut

Pernahkah terpikir bahwa memiliki badan besar atau disebut gendut merupakan sesuatu atau tindakan yang ilegal? Larangan ini berlaku di Negeri Matahari Terbit, Jepang. Seseorang dilarang memiliki tubuh yang gemuk atau gendut, kecuali jika mereka berporfesi sebagai atlet Sumo.

Peraturan ini sudah ditetapkan pemerintah Jepang melalui undang-undang yang telah diresmikan pada 2009. Negara ini sudah menetapkan setiap orang memiliki lingkar pinggang maksimal 78 cm bagi pria, dan 88 cm untuk perempuan.

Diberlakukannya larangan ini juga sebagai upaya pemerintah Jepang dalam mencegah masalah kesehatan, seperti obesitas. Jika terdapat penduduk yang diketahui menderita obesitas, maka ia harus konsultasi ke dokter.

Hal tersebut dilakukan supaya seseorang tersebut terhindar dari tindakan pelanggaran terhadap hukum. Apabila seseorang yang mengalami obesitas tengah bekerja di suatu perusahaan tertentu, maka atasan di perusahaan tersebut akan didenda.

4. Dilarang Lupa Ulang Tahun Istri

Kepulauan Samoa menetapkan sebuah aturan yang cukup aneh tetapi bisa dibilang romantis, para suami yang tinggal di pulau ini dilarang untuk tidak lupa hari ulang tahun sang istri. Para suami wajib memberikan ucapan selamat bagi istrinya yang tengah berulang tahun.

Jangan kaget, jika terdapat suami yang lupa akan hari ulang tahun sang istri, tindakannya dapat dikatakan sebagai tindakan kriminal. Asal-usul aturan yang ditetapkan pemerintah negara tersebut adalah untuk mengurangi kasus pembunuhan pada suami.

Alasan aksi pembunuhan tersebut juga lumayan mengerikan, yakni banyak para istri yang kurang merasa dihargai oleh suami mereka. Samoa merupakan sebuah negara kepulauan yang berada di Samudera Pasifik bagian selatan.

Terdiri dari dua pulau utama dan 7 pulau kecil, diperkirakan letaknya sekitar setengah jarak perlajalanan dari Selandia Baru ke Hawaii. Negara ini berbatasan dengan Fiji, Tonga, Vanuatu, Kepulauan Cook, Kepulauan Tokelau dan Tuvalu.

Seorang suami yang tidak ingat dan tidak mengucapkan selamat untuk sang istri di hari ulang tahun dapat disebut telah melakukan tindakan kriminal, menyusul hal itu sang istri bahkan memiliki hak untuk melaporkan kejahatan tersebut ke Kepolisian,

5. Dilarang Ganti Lampu Sembarang

Jika lampu suatu ruangan mengalami masalah dan mati, bagi orang Indonesia sangat mudah untuk menanganinya. Yakni, dengan cara mengganti lampu tersebut dengan yang baru, masalah pun selesai dan terpecahkan dengan sangat baik.

Akan tetapi, kegiatan mengganti lampu tersebut akan menjadi masalah dan berujung perbuatan ilegal ketika dilakukan di Australia. Di negara ini mengganti bola lampu tidak boleh dilakukan oleh sembarang orang.

Mengganti lampu harus dilakukan oleh orang yang benar-benar sudah memiliki keahlian teknis yang ditunjukkan dengans serifikat. Jika nekat mengganti bola lampu tanpa keahlian teknis dan sertifikat maka perbuata tersebut dapat disebut aktivitas  ilegal.

6. Dilarang Tidak Bahagia

Peraturan unik sebuah pemerintah negara pernah diberlakukan di salah satu negeri kiblat sepak bola, yakni Italia. Peraturan tersebut ditetapkan ketika Austria tengah berkuasa di Milan pada abad ke-19. Para warga masyarakat yang ada di Milan tidak boleh bersedih alias harus bahagia.

Para warga dipaksa harus selalu senantiasa senyum sepanjang waktu, tidak boleh mengerutkan alis kecuali jika tengah melakuan kunjungan ke rumah sakit atau sedang menghadiri upacara pemakaman. Apabila terdapat warga yang melangga, akan dikenakan denda.

Karena dianggap begitu penting, peraturan ini bahkan telah dituangkan dalam sebuah undang-undang yang berlaku di negara tersebut.  Meski sudah diberlakukan dari sejak abad ke-19, peraturan ini sampai saat ini berlum dicabut atau diganti.

7. Dilarang Tidak Memakai Pakaian Dalam

Pastikan selalu menggunakan celana dalam ketika berkunjung ke Thailand, meski terdengat mengganggu privasi aturan ini diberlakukan untuk menjaga norma kesopanan. Mengingat Thailand merupakan salah satu negara yang menjadi destinasi libur banyak pengunjung.

Larangan ini juga sudah masuk dalam undan-undang yang diberlakukan pemerintah di negara tersebut. Namun, praktik hukum aturan ini mungkin sedikit susah untuk dilakukan, mengingat pihak yang berwajib tidak mempunyai kewenangan untuk mengecek hal tersebut secara lansung.
Share: