Sabtu, 14 September 2019

10 Makanan Favorit Di Jepang

Jepang memiliki kebudayaan yang sangat kuat. Tak heran kalau banyak orang dari negara lain seperti Indonesia jatuh cinta dengan negara kepulauan ini. Selain kebudayaan, Jepang juga kaya akan makanan tradisional yang berkembang menjadi kuliner dengan cita rasa yang khas. Akibatnya, makanan Jepang yang jadi bagian hidup dari kebudayaan makin tak terhitung jumlahnya.

Nah, dari sekian banyak menu makanan Jepang, mulai dari makanan yang bersifat sebagai makanan ringan sampai makanan yang bikin kamu kenyang, mana nih yang jadi favoritmu?

Inilah beberapa makanan Jepang yang akrab di telinga maupun di lidah orang-orang Indonesia.

1. Sushi

Hasil gambar untuk Sushi

Sushi adalah kuliner paling terkenal di Jepang dan sebagian masyarakat di Tanah Air sudah pernah mencobanya. Kuliner ini adalah berupa nasi digulung.  Biasanya dicampur seafood, sayur, ada juga potongan mentimun, belut (unagi), atau salmon baru kemudian dibalut nori (rumput laut) bisa juga dengan daun seperti shiso menggunakan makisu (anyaman bambu persegi panjang). Sebelum disajikan, sushi dapat dipotong-potong pendek untuk lebih memudahkan saat dikonsumsi.

2. Sup miso

Hasil gambar untuk Sup miso

Di Jepang, sup miso adalah salah satu hidangan pembuka atau hidangan pendamping yang umum disajikan. Sup miso dianggap penting masyarakat Negara Sakura untuk sarapan sama halnya dengan kopi. Miso sup merupakan sup hangat yang mencakup dashi (bumbu yang biasa digunakan untuk membuat kaldu ikan), miso dan tahu. Miso sendiri merupakan produk bumbu khas Jepang yang dibuat dari kacang kedelai yang telah difermentasikan. Semangkuk sup miso yang baik dapat menyeimbangkan bahan-bahan yang mengapung dengan bahan-bahan yang tenggelam.

3. Tempura

Hasil gambar untuk Tempura

Tempura adalah adonan ringan yang dibuat dari aneka macam ikan atau sayuran yang dibalut dengan campuran tepung gandum, air dan telur lalu digoreng dengan minyak sayur. Memasak tempura sebaiknya pada suhu rendah dan dalam waktu singkat untuk mempertahankan cita rasa bahan yang digunakan. Banyak restoran mahal yang biasanya menyajikan tempura renyah yang baru matang secara sederhana hanya dengan bumbu garam.

4. Edamame

Hasil gambar untuk Edamame

Edamame umumnya di Indonesia dikenal dengan kedelai dari Jepang yang dikukus atau direbus dan diberi sejumput garam untuk menambah resa. Di Jepang, negara asal kedelai ini, edamame termasuk tanaman tropis dan dijadikan sebagai sayuran serta camilan kesehatan. Kedelai sayuran ini baru bisa dijumpai di restoran Jepang atau restoran berkelas lainnya untuk disantap sebagai camilan sehat yang rasanya gurih dan lezat atau dimasak menjadi sup. Sebagian besar restoran juga melayani edamame beku.

5. Ramen

Hasil gambar untuk Ramen

Mie ramen jadi salah satu makanan yang sangat populer karena di film-film kartun jepang sangat sering makan mie ramen. Nama lain dari mie ramen ini adalah chuka soba. Mie ramen ini biasanya di campur dengan kuah kaldu dan berisi didalamnya seperti daging, ikan, miso dan juga irisan daun bawang yang membuat rasa mie ramen lebih gurih. Terlepas dari harga mie ramen yang terjangkau, ada perbedaan besar dalam kualitas dari satu warung dengan warung lainnya. Sebuah warung yang sudah mendapatkan reputasi baik dari para penggemar ramen akan secara teratur memiliki garis antrean yang panjang.

6. Mochi

Hasil gambar untuk Mochi

Mochi adalah kue Jepang yang terbuat dari beras ketan, ditumbuk sehingga lembut dan lengket, kemudian dibentuk bulat lonjong dan kaya akan warna seperti warna hijau, kuning, merah dan putih. Pada saat perayaan tradisional mochitsuki, biasanya mochi dibuat dan dimakan. Sensasi yang kamu rasakan ketika memakan mochi adalah pada saat pertama masuk kedalam mulut, tekstur lembut dan lama kelamaan akan berubah menjadi agak lengket.

7. Okonomiyaki

Hasil gambar untuk Okonomiyaki

Contoh makanan Jepang yang berbahan dasar tepung terigu yang kemudian untuk proses pengolahannya di encerkan dengan menggunakan air dan di mix dengan daging, telur, kol dan kemudian di goreng. Daging yang di pakai untuk okonomiyaki adalah daging babi dan daging cumi. Biasanya okonomiyaki di makan dengan kote atau sendok datar yang juga berfungsi untuk membolak-balikkan okonomiyaki saat di penggorengan. Restoran okonomiyaki kebanyakan akan membiarkan kamu memasak sendiri okonomiyaki pesanan kamu di pangganggan meja kamu.

8. Takoyaki

Hasil gambar untuk Takoyaki

Makanan khas Jepang yang bernama takoyaki ini sangat di gemari oleh banyak orang, terlebih lagi saat ini takoyaki merupakan makanan yang sudah menjamur di Indonesia. Dengan berbahan dasar tepung terigu, dibentuk bulat-bulat kecil dan di dalamnya di isi daging gurita membuat ciri khas sendiri sebagai camilan yang sangat lezat. Ditambah topping seperti  beni shoga, katsuobushi, serpihan nori, mayones dan saus takoyaki, bumbu kecap manis makin bikin ngiler.

9. Onigiri

Hasil gambar untuk Onigiri

Onigiri dirancang oleh orang Jepang sebagai makanan bekal untuk dimakan dengan tangan. Ya mirip seperti sandwich, lah. Bentuk dari onigiri adalah segi tiga dan agak bulat. Onigiri biasa di sebut dengan nama omusubi yang tentunya apabila kamu sedang berkunjung ke Jepang maka kamu akan sangat mudah untuk mendapatkan onigiri.

10. Yakiniku

Hasil gambar untuk Yakiniku

Makanan ini berbahan dasar daging yang di masak dengan cara di bakar atau di panggang saja. Biasanya menggunakan daging sapi, daging domba, barbeque dan jerohan. Yakiniku biasanya di bentuk atau di potong segi empat dan di tusuk kemudian di panggang atau di bakar. Makanan ini berbeda dengan sate yang merupakan makanan khas Indonesia, bedanya adalah yakiniku dagingnya di tusuk besar-besar. Jika kamu nggak terampil saat memanggang, kamu akan menemukan banyak asap dan api dari atas panggangan.
Share: